PENDAMPINGAN PACKAGING DAN DIGITAL BRANDING PRODUK UMKM MASYARAKAT PESISIR DESA GILI GEDE INDAH

Authors

Ika Wijayanti , Farida Hilmi , Latifa Dinar Rahmani Hakim

DOI:

10.29303/pepadu.v5i3.5984

Published:

2024-07-30

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2024): Jurnal PEPADU

Keywords:

pendampingan, packaging, digital branding, UMKM

Articles

Downloads

How to Cite

Ika Wijayanti, Farida Hilmi, & Latifa Dinar Rahmani Hakim. (2024). PENDAMPINGAN PACKAGING DAN DIGITAL BRANDING PRODUK UMKM MASYARAKAT PESISIR DESA GILI GEDE INDAH. Jurnal Pepadu, 5(3), 592–599. https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i3.5984

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang berjudul Pendampingan Packaging Dan Digital Branding Produk UMKM Masyarakat Pesisir Desa Gili Gede Indah dilaksanakan di Desa Desa Gili Gede, Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Gili Gede merupakan jajaran pulau kecil yang memiliki potensi hasil laut dan sebagai daerah tujuan wisatawan. Urgensi dari pengabdian ini adalah dengan melihat minimnya pengetahuan inovasi design produk UMKM yang menarik dan digitalisasi pemasaran. Selain itu, Gili Gede menjadi salah satu destinasi unggulan jajaran kawasan Gili di pesisir barat Lombok yang memiliki produk UMKM pangan berupa olahan hasil bahari dan produk non pangan. Produk UMKM pangan berupa abon ikan tongkol, keripik kerang, dan kerupuk gurita. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM adalah ketersediaan bahan baku yang sangat bergantung pada musim, packaging dan pemasaran. Maka dari kegiatan pengabdian ini perlu dilakukan mengingat peroduk unggulan UMKM Desa Gili Gede menjadi peluang usaha yang membantu ekonomi rumah tangga. Kegiatan akan dimulai dengan FGD (Focus Grup Discussion) untuk mengidentifikasi permasalahan. Kegiatan selanjutnya yaitu pengenalan dan pelatihan aplikasi design untuk packaging. Kegiatan terakhir yaitu pelatihan digital branding produk UMKM.