PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 DI SD 2 JEREWEH KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Authors

  • Minten Ayu Larassati Universitas Cordova
  • Arum Dwi H PTSP FT UNY

DOI:

https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i4.5872

Keywords:

pendampingan, kampus mengajar

Abstract

Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2023 adalah salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa asistensi mengajar dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, salah satunya adalah SD Negeri 2 Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat. Tujuan dilaksanakannya pendampingan implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) pada kegiatan Kampus Mengajar angkatan 7 adalah membimbing, mengarahkan, berkoordinasi, memonitoring dan mengevaluasi mahasiswa dalam melaksanakan program kampus mengajar agar dapat berkonstribusi dan berkolaburasi secara maksimal dengan dinas dan sekolahan penempatan. Fokus dalam tulisan ini untuk menganalisas hasil pendampingan lapangan pada kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 7 di SD 2 Jereweh pada mahasiswa FKIP Universitas Cordova dengan sasaran mahasiswa Prodi Bahasa Inggris. Metode palaksanaan pengabdian pendampingan lapangan adalah dengan FGD sering session, pendampingan dan evaluasi. Pelaksanaan pendampingan lapangan pelaksanaan program Kampus Mengajar Angkatan 7 menghasilkan capai target utama program Kampus Mengajar yakni peningkatan literasi dan numerasi, visi nasional pencegahan 3 dosa besar, praktek baik mitigasi perubahan iklim, dan kegiatan kolaburasi dengan sekolahan di SD Negeri 2 Jereweh. Kegiatan pendampingan disimpulkan dapat berkontribusi dan berdampak dalam memajukan literasi dan numerasi, pendampingan adaptasi teknologi, adaministrasi terlaksana, semagat kolaburasi berdampak positif bagi sekolahan.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Larassati, M. A., & H, A. D. (2024). PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 DI SD 2 JEREWEH KABUPATEN SUMBAWA BARAT. Jurnal Pepadu, 5(4), 904–917. https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i4.5872