SOSIALISASI URGENSI PELIBATAN ORANG TUA DALAM PENANGANAN SISWA BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

Authors

A. Hari Witono , I Ketut Widiada , Mansur Hakim , Heri Hadi Saputra , Tami Amalia Wijaya

DOI:

10.29303/pepadu.v5i4.5851

Published:

2024-10-30

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2024): Jurnal PEPADU

Keywords:

Kesulitan Belajar, Bimbingan, Konseling, Pelibatan Orang Tua, Sekolah Dasar

Articles

Downloads

How to Cite

Witono, A. H., Widiada, I. K., Hakim, M., Saputra, H. H., & Wijaya, T. A. (2024). SOSIALISASI URGENSI PELIBATAN ORANG TUA DALAM PENANGANAN SISWA BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pepadu, 5(4), 642–651. https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i4.5851

Abstract

Salah satu bidang yang diampu oleh konselor dalam hal ini guru kelas di SD yaitu menangani kesulitan belajar yang dialami siswa. Berbadasar penelitian terdahulu di SDN 1 Kekeri terdapat beberapa,siswa yang menunjukkan gejala kesulitan diantaranya: (1) kesulitan membaca dan memahami isi bacaan; (2) kesulitan menulis; (3),kesulitan berhitung dan operasi matematis; (4) kesulitan memahami pelajaran secara umum; dan,(5) kesulitan siswa fokus dalam pembelajaran. Terdapat salah satu alternatif bagi guru dalam meminimalisir kesulitan belajar siswa yaitu kemitraan dengan orang tua. Faktanya guru di SD Negeri 1 Kekeri belum melibatkan orang tua secara tersetruktur dan terencana. Pelibatan orang tua aasih dilakukan secara insidental,atau apabila ada temuan siswa berkesulitan belajar yang tidak dapat ditangani sendiri oleh guru baru orang tua diajak dan dilibatkan. Bertolak dari hasil penelitian tahun 2023 tersebut, maka tim pengabdian PGSD FKIP Universitas Mataram tergerak untuk memberikan sosialisasi kepada pihak sekolah. Adapun sosialisasi yang dimaksud yaitu memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang urgensi pelibatan orang tua dalam menangani siswa dengan kesulitan belajar. Untuk mencapai tujuan penyuluhan dan pelatihan seperti yang tersirat dalam judul pengabdian masyarakat ini digunakan beberapa metode, yaitu ceramah, tanya jawab atau diskusi dan pendampingan. Sosialisasi dilaksanakan di SDN 1 Kekeri dengan 16 peserta pada hari sabtu 14 Juni 2024. Untuk mencapai tujuan penyuluhan dan pelatihan seperti yang tersirat dalam judul pengabdian masyarakat ini digunakan beberapa metode, yaitu ceramah, tanya jawab atau diskusi dan pendampingan. Adapun materi utama yang disampaikan yaitu: (1) konsep pelibatan orang tua dalam pendidikan; (2) teknik    perencanaan    pelibatan              orang     tua         dalam mengatasi kesulitan belajaar siswa; (3) teknik    pelibatan    orang    tua    dalam       pelaksanaan pembimbingan siswa berkesulitan belajar; (4) teknis evaluasi dan pelaporan pelibatan orang tua dalam upaya mengatasi kesulitan belajar siswa; dan (5) Peer  praktik  latihan  melibatkan  orang  tuaa  secara langsung dalam mengatasi kesulitan belajar siswa SD. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan pengetahuan tentang materi yang disampaikan.

Author Biographies

A. Hari Witono, PGSD FKIP Universitas Mataram

I Ketut Widiada, PGSD FKIP Universitas Mataram

Mansur Hakim, PGSD FKIP Universitas Mataram

Heri Hadi Saputra, PGSD FKIP Universitas Mataram

Tami Amalia Wijaya, PGSD FKIP Universitas Mataram

Most read articles by the same author(s)