PROMOTIONAL VIDEO CONTENT CREATION FOR POTO TANO TOURIST VILLAGE, WEST SUMBAWA REGENCY

Authors

Yulanda Trisula Sidarta Yohanes , Asrin Dimas Tri Fatullah , Hartin Nur Khusnia

DOI:

10.29303/pepadu.v5i3.5843

Published:

2024-07-30

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2024): Jurnal PEPADU

Keywords:

Desa Wisata, Poto Tano, Pulau Kenawa, Vidio Promosi

Articles

Downloads

How to Cite

Yohanes, Y. T. S., Fatullah, A. D. T., & Khusnia, H. N. (2024). PROMOTIONAL VIDEO CONTENT CREATION FOR POTO TANO TOURIST VILLAGE, WEST SUMBAWA REGENCY. Jurnal Pepadu, 5(3), 421–430. https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i3.5843

Abstract

Video promosi Pulau Kenawa Desa Poto Tano dibuat berdasarakan observasi yang dilakukan oleh tim peneliti ke media social Pokdarwis Bua Lawah yang masih belum optimal untuk menampilkan video cinematic untuk memperkenalkan destinasi Pulau Kenawa kepada public. Berdasarkan survey 72% public umum belum pernah melakukan kunjungan ke Pulau Kenawa. Ini menjadi dasar bahwa ada public yang belum pernah melakukan kunjungan ke Pulau Kenawa. Metode kegiatan PkM adalah sosialisasi rencana PkM, pengambilan konten video, dan sosialisasi hasil video promosi Pulau Kenawa. Hasil kegiatan PkM adalah sosialisasi rencana kegiatan pengambilan konten telah terlaksana dengan melibatkan Pokdarwis Bua Lawah membahas tentang perencanaan kebutuhan pengambilan konten. Setelah kebutuhan di lapangan telah terkumpul, selanjutnya adalah penyusunan story board serta tema video, yaitu “Marvelous Kenawa”. Tema tersebut dijadikan topik video promosi karena menunjukkan sisi Pulau Kenawa yang menakjubkan untuk bisa ditelisik keindahannya. Setelah data terkumpul, Langkah selanjutnya adalah proses editing. Video promosi Pulau Kenawa sebagai destinasi Desa Poto tano ditampilkan dalam kegiatan sosialisasi hasil PkM kepada Pokdarwis Bua Lawah yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan destinasi kepada public. Kesimpulan dari kegiatan PkM ini adalah tim pengabdian telah berhasil melakukan analisa kebutuhan mitra (Pokdarwis Bualawah), mengumpulkan data-data di lapangan untuk kebutuhan video promosi, serta menampilkan hasil video promosi kepada Pokdarwis Bualawah. Kelebihan dari hasil kegiatan pengabdian ini adalah video promosi dapat dijadikan media promosi melalui media social Pokdarwis Bualawah untuk menginformasikan destinasi wisata Pulau Kenawa kepada public.

Author Biographies

Yulanda Trisula Sidarta Yohanes, Universitas Mataram

Asrin Dimas Tri Fatullah, Universitas Mataram

Hartin Nur Khusnia, Universitas Mataram