PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING DI SEKOLAH SATU ATAP (SATAP) DESA PULAU MARINGKIK MELALUI PROGRAM KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 3 (PMM 3) INBOUND UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2023

Penulis

Ahmad Mubarak Munir , Adinda Noura Ayuningsih , Kelfin Hardiansyah , Tasya Alvianka Syahra , Halimatul Yusriah

DOI:

10.29303/pepadu.v5i1.3970

Diterbitkan:

2024-01-30

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2024): Jurnal Pepadu

Kata Kunci:

Pendidikan, Game Based Learning, Kontribusi Sosial, Pertukaran Mahasiswa

Articles

Unduhan

Cara Mengutip

Munir, A. M., Ayuningsih, A. N., Hardiansyah, K., Syahra, T. A., & Yusriah, H. (2024). PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING DI SEKOLAH SATU ATAP (SATAP) DESA PULAU MARINGKIK MELALUI PROGRAM KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 3 (PMM 3) INBOUND UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2023. Jurnal Pepadu, 5(1), 37–43. https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i1.3970

Abstrak

Sektor pendidikan di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) menghadapi beberapa persoalan utama antara lain prasarana, kualitas tenaga pendidik, dukungan infrastruktur, dan jumlah tenaga pengajar. Pulau Maringkik adalah salah satu pulau terluar yang menghadapi permasalahan di atas, kondisi geografis yang terpisah dari daratan Pulau Lombok mendatangkan tantangan tersendiri untuk mobilitas tenaga pendidik dan fasilitas pendukung untuk sekolah. Intervensi model pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan dan minat belajar peserta didik menjadi kebutuhan tersendiri. Mahasiswa Program Pertukaran Pelajar PMM 3, melalui kegiatan kontribusi sosial memperkenalkan model pembelajaran berbasis permainan (game based-learning) di Sekolah Satu Atap, Pulau Maringkik. Tujuan dari kegiatan ini antara lain adalah memberikan alternatif model pembelajaran berbasis permainan yang dapat disesuaikan dengan sekolah di wilayah pesisir dan kepulauan. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui 5 tahapan yaitu persiapan, perencanaan, analisis kebutuhan, pelaksanaan program dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini mampu meningkatkan antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran, Gerak Irama dan Gerak Irama Mengenal Arah merupakan jenis permainan yang digunakan dalam mendorong minat belajar peserta didik di Gili Maringkik.

Biografi Penulis

Ahmad Mubarak Munir, Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram

Adinda Noura Ayuningsih, Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram

Kelfin Hardiansyah, Program Studi S1 Matematika Universitas Bengkulu

Tasya Alvianka Syahra, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter

Halimatul Yusriah, Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Riau