PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN ADMINISTRATIF PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MATARAM

Authors

Ahmad Zafrullah Mardiansyah , Andy Hidayat Jatmika , Ariyan Zubaidi , Raphael Bianco Huwae

DOI:

10.29303/pepadu.v4i3.3609

Published:

2023-07-31

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pepadu

Keywords:

sistem informasi, website, tugas akhir, teknologi, pendidika

Articles

Downloads

How to Cite

Ahmad Zafrullah Mardiansyah, Andy Hidayat Jatmika, Ariyan Zubaidi, & Raphael Bianco Huwae. (2023). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN ADMINISTRATIF PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MATARAM . Jurnal Pepadu, 4(3), 420–434. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i3.3609

Abstract

Salah satu layanan administratif di Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram adalah layanan administratif Tugas Akhir (TA). TA merupakan salah satu mata kuliah wajib dengan bobot 4 (empat) SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. Saat ini program studi teknik informatika mulai menerapkan pelaksanaan TA secara daring. Namun layanan administratif yang dilakukan secara daring tersebut masih belum optimal karena dilakukan melalui media seperti Website, Email dan WhatsApp yang tentu saja dilihat dari sudut pandang manajemen pengelolaan tidak terlalu baik. Permasalahan yang ada saat ini adalah pencatatan dan penyimpanan data mahasiswa TA kurang terstruktur dan kurang rapi, memerlukan waktu yang lama dalam hal pencarian data mahasiswa yang akan melakukan kegiatan TA dan mahasiswa yang sudah melakukan kegiatan TA pada tahun sebelumnya, adanya redudansi data sehingga data tidak konsisten. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengembangkan sebuah sistem informasi manajemen tugas akhir berbasis web yang dapat diakses kapan saja dimana saja sehingga memberikan solusi terbaik terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di Prodi Teknik Informatika Unram. Pengujian yang dilakukan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dari aspek pragmatis dan hedonis menunjukkan skor 2,8 (Excellent) yakni tingkat penerimaan dan apresiasi terhadap sistem sangat baik.

Author Biographies

Ahmad Zafrullah Mardiansyah, Department of Informatics Engineering, University of Mataram

Andy Hidayat Jatmika, Department of Informatics Engineering, University of Mataram

Ariyan Zubaidi, Department of Informatics Engineering, University of Mataram

Raphael Bianco Huwae, Department of Informatics Engineering, University of Mataram