PENGENALAN TEKS GENRE SASTRA PUISI BERBAHASA SASAK DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA SASAK

Authors

Khairul Paridi , Kaharuddin Kaharuddin , Murahim Murahim , Ratna Yulida Ashriany , Yuniar Nuri Nazir

DOI:

10.29303/pepadu.v4i3.3597

Published:

2023-07-31

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pepadu

Keywords:

Bahan baku, Teks genre sastra, Materi ajar, Muatan lokal, bahasa Sasak

Articles

Downloads

How to Cite

Paridi, K., Kaharuddin, K., Murahim, M., Yulida Ashriany, R., & Nuri Nazir, Y. (2023). PENGENALAN TEKS GENRE SASTRA PUISI BERBAHASA SASAK DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA SASAK. Jurnal Pepadu, 4(3), 375–386. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i3.3597

Abstract

Bahan ajar tentang sastra dalam Kurikulum 2013 mestinya berbasis pada pembelajaran tentang teks tetapi setelah dicermati pembahasan materi dalam kurikulum dan buku-buku pelajaran bahasa Sasak pada pendidikan dasar dan menengah lebih ditekankankan pada nilai keindahan dan nilai karakternya saja. Selain itu, penyediaan materi ajar tentang teks genre sastra khususnya tentang puisi masih terbatas, akibatnya pembelajaran tentang teks sastra kurang mendapat perhatian yang memadai. Berdasarkan masalah tersebut, tulisan ini bertujuan membahas teks genre cerita rakyat Sasak dari segi struktur teks, piranti kebahasaan dan lainnya. Pembelajaran yang berbasis pada teks sastra ini menunjang keterampilan berbahasa dan dapat membantu anak memahami nilai dan keindahan sastra Sasak. Pengabdian berhasil mengenalkan sejumlah puisi berbahasa Sasak dan jenis puisi struktur dan alat kebahasan dalam puisi Sasak. Peserta pengabdian sangat terbantu dalam menyiapkan bana ajar puisi kepada peserta di didik di sekolah khusus materi puisi sebagai bahan materi muatan lokal bahasa Sasak.

Author Biographies

Khairul Paridi, Universitas Mataram

Bahan ajar tentang sastra dalam Kurikulum 2013 mestinya berbasis pada pembelajaran tentang teks tetapi setelah dicermati pembahasan materi dalam kurikulum dan buku-buku pelajaran bahasa Sasak pada pendidikan dasar dan menengah lebih ditekankankan pada nilai keindahan dan nilai karakternya saja. Selain itu, penyediaan materi ajar tentang teks genre sastra khususnya tentang puisi masih terbatas, akibatnya pembelajaran tentang teks sastra kurang mendapat perhatian yang memadai. Berdasarkan masalah tersebut, tulisan ini bertujuan membahas teks genre cerita rakyat Sasak dari segi struktur teks, piranti kebahasaan dan lainnya. Pembelajaran yang berbasis pada teks sastra ini menunjang keterampilan berbahasa dan dapat membantu anak memahami nilai dan keindahan sastra Sasak. Pengabdian berhasil mengenalkan sejumlah puisi berbahasa Sasak dan jenis puisi struktur dan alat kebahasan dalam puisi Sasak. Peserta pengabdian sangat terbantu dalam menyiapkan bana ajar puisi kepada peserta di didik di sekolah khusus materi puisi sebagai bahan materi muatan lokal bahasa Sasak.

Kaharuddin Kaharuddin, Universitas Mataram

Murahim Murahim, Universitas Mataram

Ratna Yulida Ashriany, Universitas Mataram

Yuniar Nuri Nazir, Universitas Mataram