Edukasi Wacana Publik Berbasis Political Correctness pada Siswa SMA se-Kota Mataram sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Hoaks

Authors

Jurnal Pepadu , Kamaludin Yusra , Amrullah Amrullah , Yuni Budi Lestari , Nuriadi Nuriadi , Husnul Lail

DOI:

10.29303/pepadu.v2i4.2257

Published:

2021-10-29

Issue:

Vol. 2 No. 4 (2021): Jurnal PEPADU

Keywords:

berit hoaks, tujuan komunikasi, struktur generic, fitur kebahasaan

Articles

Downloads

How to Cite

Pepadu, J. ., Yusra, K., Amrullah, A., Lestari, Y. B., Nuriadi, N., & Lail, H. . (2021). Edukasi Wacana Publik Berbasis Political Correctness pada Siswa SMA se-Kota Mataram sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Hoaks. Jurnal Pepadu, 2(4), 427–441. https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i4.2257

Abstract

Berita Hoax menjadi wacana yang sensitif dalam dunia politik apalagi jika salah satu pihak menuduh yang lainnya menyebarkan hoax dan berbuntut panjang sampai ke ranah hukum. Bagi netizen milenial seperti siswa SMA/MA/SMK, berselancar di dunia maya bukan masalah bagi mereka, tetapi membedakan berita hoaks dari berita sebenarnya membutuhkan keterampilan menganalisis wacana secara rinci. Namun, keterampilan berbahasa ini belum diajarkan di tingkat sekolah menengah sehingga banyak pesakitan terangkut berita hoaks kebanyakan berasal dari netizen dari kelompok umur milenial. Kegiatan pengabdian ini sengaja menyasar kelompok umur milenial dan melatih mereka mengidentifikasi fungsi sosial, struktur generik, dan fitur-fitur kebahasaan yang menjadi petanda berita hoaks dengan harapan agar mereka memiliki kemampuan mengidentifikasi jenis dan ciri-ciri berita hoaks dan menghindarkan diri dari menyebarkannya. Peserta direkrut dari SMA/MA/SMK di Kota Mataram atas rekomendasi kepala sekolah masing-masing dan, karena pandemic Covid19, selanjutnya peserta tersebut direkrut melalui seorang koordinator peserta. Sebanyak 30 siswa mengikuti kegiatan ini yang dilaksanakan melalui web meeting selama sehari pada tanggal 7 Nopember 2020. Kegatan bersifat penyuluhan dan pelatihan mengidentifikasi berita-berita hoaks. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan siswa pada fungsi sosial (tujuan komunikasi), struktur generik, dan ciri-ciri tekstual berbagai jenis hoaks tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri siswa mengidentifikasi berita-berita hoaks. Secara umum,peserta menguasai materi pelatihan dan penyuluhan dan berharap agar pelatihan tersebut berkelanjutan ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Author Biographies

Kamaludin Yusra, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Mataram

Amrullah Amrullah, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Mataram

Yuni Budi Lestari, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Mataram

Nuriadi Nuriadi, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Mataram

Husnul Lail, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Mataram