MEMBANGUN PEMAHAMAN YANG MENDALAM DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN (UBD)
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v5i2.5236Kata Kunci:
Understanding by Design, Backward Design, Pembelajaran UbDAbstrak
Dalam merancang sebuah pembelajaran yang pertama kali disusun ialah menyusun tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, lalu melakukan evaluasi pembelajaran. Namun, dalam kenyataannya ketika seorang guru membuat tujuan pembelajaran, terkadang guru hanya fokus mengajarkan seluruh materi tanpa meninjau kembali materi mana yang akan dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran lebih dalam lagi bagi pembaca terkait perancangan pembelajaran dengan menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD). Penelitian ini adalah studi kepustakaan yang mengulas pembelajaran berdasarkan prinsip Understanding by Design (UbD) atau Backward Design. Berbagai sumber seperti artikel, jurnal, dan dokumen digunakan dalam penelitian ini. Fokus literatur ini adalah pada pembelajaran dengan prinsip UbD dapat dilaksanakan dengan mengidentifikasi hasil yang diinginkan, bukti evaluasi, dan rencana pembelajaran. Hasil pembelajaran dengan prinsip UbD dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan, memiliki sudut pandang yang empati, keterampilan berpikir kritis, dan memiliki kesadaran diri yang baik. Dalam kerangka UbD, guru bertindak sebagai perancang pembelajaran dengan menganalisis kompetensi dasar serta menetapkan indikator ketercapaian sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar tersebut.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Avelina Ova Namus, Atika Salma Choirunnisa, Annisa Nur Hidayati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.