IDENTIFIKASI MASALAH PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SDN 2 BATUJAI
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.408Kata Kunci:
belajar dari rumah, masalah implementasi, covid-19Abstrak
Pelaksanaan Belajar Dari Rumah(BDR) merupakan salah satu alternatif atau tindakan yang dilakukan untuk tetap memberikan hak belajar anak. Dengan adanya pelaksananaan pembelajaran menggunakan metode BDR terdapat beberapa masalah dalam pelaksanaannya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengindentifikasi Masalah Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Di SDN 2 Batujai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja masalah pelaksanaan belajar dari rumah di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika kelas iii di SDN 2 Batujai. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dimaanfaatkan secara teoritis bagi guru, bagi peneliti, dan bagi peneliti lain. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuanitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan Nonrobability Sampling dengan jenis sampling jenuh, dimana untuk sampelnya menggunakan seluruh anggota populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti menggunakan teknik Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penarikan hipotesis berdasarkan pada tabel data SPSS adalah Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai sig. 0,031 < 0,05. Maka ada masalah pelaksanaan belajar dari di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika kelas III di SDN 2 Batujai.