PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA METEMATIKA SISWA KELAS V

Authors

  • Irnawati Irnawati Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Ida Bagus Kade` Gunayasa PGSD FKIP UNRAM
  • Muhammad Turmudzi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.60

Keywords:

PBL, Ability to complete story problems, fifth grade student

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaiakan soal cerita matematika di kelas V SDN 1 Saribaya tahun pelajaran 2020/2021.Penelitian ini menggunakan penelitian, jenis Quasi Eksperimental Design tipe one group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar 1 Saribaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal matematika tertulis bentuk uraian sebanyak 5 butir soal yang telah memenuhi validitas. Uji hopotesis pada penelitian ini menggunakan paired sampel t-test. Sebelum melakukan uji hipotesis data yang diperoleh terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung sebesar -12,162 sedangkan ttabel 2,060 pada taraf signifikansi 5% dengan df 25. Sehingga thitung -12,162 > 2,060maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0ditolak yang berarti terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika antara sebelum dan setelah mendapat perlakuan model problem based learning. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa SD Kelas V SDN 1 Saribaya.

Downloads

Published

20-12-2020

How to Cite

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA METEMATIKA SISWA KELAS V. (2020). Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(2), 104-112. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.60

Most read articles by the same author(s)