HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN BERBAHASA SISWA KELAS V SDN 1 LENEK LAUK TAHUN 2020

Authors

  • Rizqy Fitriana Surya Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Siti Rohana Hariana Intiana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram
  • Ida Ermiana PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.57

Keywords:

Reading interest, language ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat membaca dengan kemampuan berbahasa siswa kelas V SDN 1 Lenek Lauk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Lenek Lauk yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling total, dengan demikian berarti seluruh populasi menjadi sampel. Instrumen penelitian yang  digunakan adalah angket minat membaca dengan skala gautmen dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas serta uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil analisi data menunjukan minat membaca siswa berada pada kategori sedang dengan presentase 78,57% dan kemampuan berbahasa siswa berada pada kategori sedang dengan presentase 64,29%. Hasil uji hipotesis menunjukan indeks korelasi nilai rhitung sebesar 0,485 sedangkan nilai rtabel 0,375 pada taraf signifikansi 5% (0,485 ≥ 0,375) dengan koefisien determinasi 23,5225%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan terdapat hubungan signifikan antara minat membaca dengan kemampuan berbahasa siswa kelas V SDN 1 Lenek Lauk dengan kontribusi sebesar 23,5%

Downloads

Published

20-12-2020

How to Cite

HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN BERBAHASA SISWA KELAS V SDN 1 LENEK LAUK TAHUN 2020. (2020). Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(2), 61-67. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.57