Main Article Content

Dea Fitria Fasza
Nursiwi Nugraheni

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada materi operasi berhitung bilangan menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui bahwa setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) pada materi operasi hitung bilangan kecil sampai dengan 100.000 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Fokus penelitian ini adalah langkah-langkah penerapan PBL yang mempengaruhi keaktifan dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas dan 30 siswa kelas V. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan siklus I pada operasi penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan media papan tongkat untuk bilangan kecil dan siklus II pada operasi penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan media papan tongkat untuk bilangan kecil dan siklus II pada operasi penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan media papan tongkat untuk bilangan kecil dan siklus II pada perkalian dan pembagian dengan bantuan media ular tangga. Pada siklus I peningkatan hasil belajar mencapai ≥10% dan tuntas sebanyak 24 siswa namun keaktifan siswa dan efektivitas belajar guru belum mencapai ≥75%. Pada siklus II menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar ≥10% dan sebanyak 24 siswa mencapai nilai ketuntasan serta keaktifan siswa dan efektivitas pembelajaran guru telah mencapai ≥75%. Berdasarkan uraian tersebut berarti penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi berhitung kelas V SDN Pasucen 02. 
 

Article Details

How to Cite
Fasza, D. F., & Nursiwi Nugraheni. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS V SDN PASUCEN 02. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 5(1), 21 - 32. https://doi.org/10.29303/pendas.v5i1.3853
References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.
Aziza, N. (2023). Metodologi Penelitian 1 : Deskriptif Kuantitatif. July, 166–178.
Dahlia. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Bilangan Cacah. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59-64.
Hidayat, S. N. F. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNSOED, 6(4), 160-167.
Lailaturrahmah, E., Tahir, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP RETENSI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA PESERTA DIDIK SD. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.49
Nasrul, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 81–92. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100491
Mardiastuti, E. (2022.) Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di SDN Medani 02. Jurnal Magistra, 13(2), 202-213.
Mertayasmini, M. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Problem Based Learning,Nasrul, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 81–92. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100491
Rahmatin, A., & Marzuki, I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Kelas 3 Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 786–799. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.573
Regita, I., & Hakim, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Pare-Pare Application of Problem Based Learning Models to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students in Pare-Pare. 3(2), 182–196.
Salamah, B., & Sholihah, D. A. (2023). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa Kelas VI Mi Ma’arif Jekeling. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(2), 87. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(2).87-94
Saraswati, & Imron Rosidi. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 178–187. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i3.720
Syarifuddin, dkk. (2019). Guru Mari Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.
Unaenah, E., Ardelia, E., Anggestin, T., Ulfi, N., Khoiriyah, S., & Awaliah, S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pengukuran Panjang Di Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 83–93. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang