JPM VOL.3 NO 3 SEPT PERAN BUDAYA LOKAL DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN WISATAWAN DAN PERILAKU PASCA BERKUNJUNG KE DESA WISATA TETE BATU KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan, Perilaku Pasca Berkunjung, Local Culture, Service Quality, Tourist Satisfaction, Post-Visit BehaviorAbstrak
ABSTRAK
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran budaya lokal dalam 
memediasi hubungan kualitas pelayanan, kepuasan wisatawan dan perilaku pasca berkunjung 
ke desa wisata Tete batu. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang 
bersifat asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan 
jumlah sampel 100 Responden yang mengunjungi Desa Wisata Tetebatu. Metode penelitian 
ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode analisis regresi linear 
berganda melalui software SPSS dan menggunakan dan menggunakan kalkulator sobel test. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) budaya lokal memediasi kualitas pelayanan 
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku pasca berkunjung ke Desa Wisata 
Tetebatu (2) budaya lokal memediasi tingkat kepuasan wisatawan berpengaruh secara positif 
dan signifikan terhadap perilaku pasca berkunjung ke Desa Wisata Tetebatu.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan, Perilaku Pasca Berkunjung
ABSTRACT
This research aims to determine the role of local culture in mediating connection
service quality, tourist satisfaction and behavior after visiting the Tete Batu tourist village. 
This research uses an associative type of quantitative research. Data collection was carried 
out using a questionnaire with a sample size of 100 respondents who visited the Tetebatu 
Tourism Village. This research method uses a non-probability sampling technique with 
multiple linear regression analysis methods using SPSS software and using and using a Sobel 
test calculator. The results of the research show that (1) local culture mediates service quality 
and has a positive and significant influence on behavior after visiting the Tetebatu Tourism 
Village. (2) local culture mediates the level of tourist satisfaction and has a positive and 
significant influence on behavior after visiting the Tetebatu Tourism Village.
Keywords: Local Culture, Service Quality, Tourist Satisfaction, Post-Visit Behavio
 
											