JPM VOL.3 NO 3 SEPT PERAN BUDAYA LOKAL DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN WISATAWAN DAN PERILAKU PASCA BERKUNJUNG KE DESA WISATA TETE BATU KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan, Perilaku Pasca Berkunjung, Local Culture, Service Quality, Tourist Satisfaction, Post-Visit BehaviorAbstrak
ABSTRAK
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran budaya lokal dalam
memediasi hubungan kualitas pelayanan, kepuasan wisatawan dan perilaku pasca berkunjung
ke desa wisata Tete batu. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang
bersifat asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan
jumlah sampel 100 Responden yang mengunjungi Desa Wisata Tetebatu. Metode penelitian
ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode analisis regresi linear
berganda melalui software SPSS dan menggunakan dan menggunakan kalkulator sobel test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) budaya lokal memediasi kualitas pelayanan
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku pasca berkunjung ke Desa Wisata
Tetebatu (2) budaya lokal memediasi tingkat kepuasan wisatawan berpengaruh secara positif
dan signifikan terhadap perilaku pasca berkunjung ke Desa Wisata Tetebatu.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan, Perilaku Pasca Berkunjung
ABSTRACT
This research aims to determine the role of local culture in mediating connection
service quality, tourist satisfaction and behavior after visiting the Tete Batu tourist village.
This research uses an associative type of quantitative research. Data collection was carried
out using a questionnaire with a sample size of 100 respondents who visited the Tetebatu
Tourism Village. This research method uses a non-probability sampling technique with
multiple linear regression analysis methods using SPSS software and using and using a Sobel
test calculator. The results of the research show that (1) local culture mediates service quality
and has a positive and significant influence on behavior after visiting the Tetebatu Tourism
Village. (2) local culture mediates the level of tourist satisfaction and has a positive and
significant influence on behavior after visiting the Tetebatu Tourism Village.
Keywords: Local Culture, Service Quality, Tourist Satisfaction, Post-Visit Behavio
