JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 PENGARUH DIGITAL MARKETING, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG DI KOTA MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/jrp.v3i2.4785Kata Kunci:
Digital Marketing, Citra Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pemebelian., Digital Marketing, Brand Image, Product Quality and Purchasing Decisions.Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Digital Marketing, Citra Merek dan Kualitas Produk
terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung di kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan
menggunakan data yang dikumpulkan dari responden menggunakan kuisioner melalui google form. Populasi
penelitian ini adalah adalah konsumen Smartphone merek Samsung di kota Mataram, dengan sampel penelitian
sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode
purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan
program SPSS 16. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Digital Marketing berpengaruh positif signifikan terhadap
Keputusan Pembelian dengan signifikan t lebih kecil dari t tabel sebesar 0,021 < 0,05 dan t hitung > t tabel (2,353 >
1,654) (2) Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan signifikan t lebih
kecil dari t tabel sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel (6,486 > 1,654). (3) Kualitas Produk berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan signifikan t lebih kecil dari t tabel sebesar 0,000 < 0,05 dan t
hitung > t tabel (10,851 > 1,654).
Kata kunci: Digital Marketing, Citra Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pemebelian.
ABSTRACT
The purpose of this study was to analyze the influence of Digital Marketing, Brand Image and Product Quality on
Purchase Decisions for Samsung Brand Smartphones in Mataram city. The type of research used is a quantitative
research approach. The data collection method used is a survey method using data collected from respondents using
a questionnaire via Google Form. The population of this research is Samsung brand Smartphone consumers in
Mataram City, with a research sample of 100 respondents. Sampling used a nonprobability sampling technique with
a purposive sampling method. The analytical tool used is multiple linear regression analysis using the SPSS 16
program. he results of the analysis show that: (1) Digital Marketing has a significant positive effect on Purchasing
Decisions with a significant t smaller than the t table of 0.021 < 0.05 and t count > t table (2.353 > 1.654) (2) Brand
Image has a positive and significant effect on purchasing decisions with t significantly smaller than t table of 0.000
< 0.05 and t count > t table (6.486 > 1.654). (3) Product quality has a positive and significant effect on purchasing
decisions with t significantly smaller than t table of 0.000 < 0.05 and t count > t table (10.851 > 1.654).
Keywords: Digital Marketing, Brand Image, Product Quality and Purchasing Decisions