JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 PENGARUH PERSAINGAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MI INSTAN MEREK SUPERMI PT INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK DI KOTA MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/jrp.v3i2.4788Keywords:
Persaingan, Promosi, Keputusan Pembelian, competition, promotion, buying decisionAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persaingan dan promosi terhadap keputusan
pembelian mie instan merk Supermi PT. Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk di Kota Mataram. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli produk Supermi di Kota Mataram. Jumlah
sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan
nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah Regresi
Linear Berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data yang telah memenuhi uji instrumen
penelitian dan uji asumsi klasik kemudian diolah untuk mendapatkan persamaan regresi. Teknik analisis
data menggunakan program SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa Persaingan
(X) dan Promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada mie instan merek
Supermi PT. Indofood@ Cbp Sukses Makmur Tbk di Kota Mataram. Hasil penelitian ini mengindikasikan
bahwa persaingan dan promosi yang dilakukan oleh Supermi dapat mempengaruhi konsumen di Kota
Mataram untuk Melakukan Keputusan pembelian.
Kata Kunci: Persaingan, Promosi, Keputusan Pembelian
ABSTRACT
This study aims to examine the influence of competition and promotion on the purchase decision
of instant noodles brand Supermi PT. Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk in Mataram City. The population
in this study is all consumers who buy Supermi products in Mataram City. The number of samples in this
study amounted to 100 respondents with sampling techniques using non-probability sampling with the
Accidental sampling method. The data analysis used was Multiple Linear Regression to prove the research
hypothesis. Data that have met the test of research instruments and classical assumption tests are then
processed to obtain regression equations. Data analysis technique using SPSS program Version 25. Based
on the results of data analysis, it was obtained that Competition (X) and Promotion (X2) had a significant
effect on Purchase Decisions (Y) in Supermi brand instant noodles PT. Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk
in Mataram City. The results of this study indicate that competition and promotion carried out by Supermi
can influence consumers in Mataram City to make purchasing decisions.
Keyword: competition, promotion, buying decision