JRP VOL.4 NO.1 MARET 2025 PENGARUH GREEN MARKETING, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN ONLINE REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN NUSANRTARA UNTUK MENGINAP DI HOTEL PRIME PARK & CONVENTION LOMBOK
DOI:
https://doi.org/10.29303/jrp.v4i1.6608Keywords:
Green Marketing, Social Media Marketing, Online Review., Green Marketing, Social Media Marketing, Online ReviewAbstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing, social media marketing dan online review terhadap keputusan wisatawan nusantara untuk menginap di hotel prime park & convention lombok di mataram. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Asosiatif kausal. Metode pengumpulan data yang digunakan metode sample survey dengan teknik non-probability sampling yaitu accidential sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam uji regresi linier berganda unsur yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan nusantara untuk menginap di hotel prime park & convention lombok di mataram adalah variabel green marketing dan social media marketing, sedangkan unsur yang berpengaruh tidak signifikan adalah variabel online review. Angka Adjusted R Square (R2) menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu green marketing, social media marketing dan online review berpengaruh sebesar 13,9 % terhadap keputusan wisatawan nusantara untuk menginap di hotel prime park & convention lombok di mataram, sedangkan sisanya sebesar 87,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.