JRP VOL.4 NO.1 MARET 2025 PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW DI KOTA MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/jrp.v4i1.6605Keywords:
Celebrity Endorser, Brand Image dan Keputusan Pembelian, Celebrity Endorser, Brand Image and Purchase Decisions.Abstract
ABSTRAKTujuan penelitian in adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap Keputusan pembelian produk MS Glow di Kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah analisis statistik desrkriptif dengan pendekatakan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kota Mataram dengan sampel 100 orang pengguna MS Glow yang ditentukan berdasarkan perhitungan Paul Leedy. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini sebanyak 3 variabel yang terdiri variabel Celebrity Endorser (X1), Brand Image (X2), dan keputusan pembelian (Y). Menggunakan metode survei dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner) dan teknik analisis data menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa berdasarkan analisis data nilai konstanta bernilai -3.275 atau dianggap nol (0) sehingga dapat dikatakan bahwa dalam analisis tidak terdapat variabel bebas dalam penelitian ini yang mempengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan pada hasil uji asumsi kalasik untuk variabel Celebrity Endorser tidak berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan Brand Image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. ABSTRACTThe purpose of this study was to analyze the influence of Celebrity Endorser and Brand Image on Purchase Decisions for MS Glow Product in Mataram city. This type of research is a descriptive statistical analysis with a quantitative approach. This research was conducted in Mataram City with a sample of 100 MS Glow users who were determined based on Paul Leedy's calculations. The variables revealed in this study are 3 variables, consisting of Celebrity Endorser variables (X1), Brand Image (X2), and purchase decision (Y). Using the survey method with a questionnaire and data analysis technique using SPSS 16. The results of this study show that based on the data analysis, the constant value is -3.275 or considered zero (0), so it can be said that in the analysis there are no independent variables in this study that influence purchasing decisions. While the results of the classical assumption test for the Celebrity Endorser variable do not have an effect and are not significant on purchasing decisions, and Brand Image has a positive and significant effect on purchasing decisions.