9. JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TENUN PADA ANA TENUN SUKARARA DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Analysis of the Influence of Marketing Mix on the Purchasing Decision of Woven Fabrics at Ana Tenun Sukarara in the Jonggat District of Central Lombok Regency

  • titaniaputrijasanti FEB UNRAM
  • akhmadsaufi FEB UNRAM
  • rusminahhs FEB UNRAM
Keywords: Marketing Mix, Produk, Harga, Lokasi, Promosi, dan Keputusan Pemebelian, Marketing Mix, Product, Price, Location, Promotion, and Purchase Decision

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh  Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Tenun Pada Ana Tenun Sukarara Di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari responden menggunakan kuisioner melalui google form .Populasi penelitian ini adalah adalah Konsumen Ana Tenun Sukarara di Lombok Tengah yang pernah berbelanja pada Ana Tenun Sukarara, dengan sampel penelitian sebanyak 80 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa : Variabel Marketing Mix (Produk, Harga, Lokasi dan Promosi) masing-masing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Tenun Pada Ana Tenun Sukarara Di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. ABSTRACT The purpose of this study was to analyze the influence of Marketing Mix on Purchase Decisions on Ana Tenun Sukarara in Jonggat District, Central Lombok Regency. The type of research used is a quantitative approach research. The data collection method used was a survey method using data collected from respondents using a questionnaire through the Google form. The population of this study were Ana Tenun Sukarara consumers in Central Lombok who had shopped at Ana Tenun Sukarara, with a sample of 80 respondents. Sampling using nonprobability sampling technique with purposive sampling method. The analysis tool used is multiple linear regression analysis using the SPSS 21 program. The results of the analysis show that: Marketing Mix Variables (Product, Price, Location and Promotion) each have a positive and significant effect on the Purchase Decision on Ana Tenun Sukarara in Jonggat District Central Lombok Regency.
Published
2024-03-01