3. JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 ANALISIS HARGA, KERAGAMAN PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DI TOKO SWALAYAN MURAH.
Analysis of Price, Product Variety, and Service Quality on Repurchase Decision-Making at Affordable Supermarkets
DOI:
https://doi.org/10.29303/jrp.v3i1.4016Keywords:
Harga, Produk, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian, Price, Product, Service Quality and Purchase DecisionAbstract
Abstrak Penelitian ini berjudul Analisis Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Ulang Di Toko Swalayan Murah Desa Bengkel, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi secara simultan dan parsial pengaruh variabel harga, keragaman produk dan kualitas pelayanan terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian ulang pada Toko Swalayan Murah Desa Bengkel Labuapi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Asosiatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel survey. Jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 responden. Sebagaimana Teori Ferdunand 2006, 25 x variabel independen(3)=75 sampel. Data yag digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dimana penliti langsung terjun kelapangan dan sekunder yang diperoleh dari toko swalayan Desa Bengkel Sendiri. Prosedur analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji F, Uji t, Uji Hipotesis Ketiga Dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian yang berkaitan dengan Harga, Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan (X) terhadap keputusan pembelian (Y) pada Toko Swalayan Murah Labuapi, dapat disimpulkan sebagai berikut: Variabel harga, keragaman produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap variabel keputusan pembelian pada Toko Swalayan Murah Desa Bengkel Labuapi. Abstract This study is entitled Analysis of the Effect of Price, Product Diversity, and Service Quality on Consumer Decision Making to Repurchase at Cheap Supermarkets in Bengkel Village, Labuapi District, West Lombok. and service quality on consumer decision making in making repeat purchases at Cheap Supermarkets in Bengkel Labuapi Village. The type of research used in this study is associative. The data collection method used in this research is a survey sample method. The number of samples specified in this study were as many as 75 respondents. As with Ferdundand's 2006 theory, 25 x independent variables (3) = 75 samples. The data used in this study were primary data, in which the researchers went directly to the field, and secondary data were obtained from supermarkets in Bengkel Village itself. The analytical procedures used are validity test, reliability test, multiple linear regression analysis, F test, t test, third hypothesis test and coefficient of determination test (R2). Based on the results of research related to Price, Product Diversity and Service Quality (X) on purchasing decisions (Y) at Labuapi Cheap Supermarkets, it can be concluded as follows: Price variables, product variety and service quality have a significant effect simultaneously and partially on decision variables purchase at Cheap Supermarkets Bengkel Labuapi Village.Downloads
Published
2024-03-01
Issue
Section
Articles