Vol 2 No.3 Sept PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA APLIKASI TIKTOK SHOP DI KOTA MATARAM

PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA APLIKASI TIKTOK SHOP DI KOTA MATARAM

  • lidiawati FEB UNRAM
  • hilmiati FEB UNRAM
  • muhammad mujahid dakwah FEB UNRAM
Keywords: Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian, Online Customer Reviews, Online Customer Ratings, Purchasing Decisions

Abstract

ABSTRAK             Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Aplikasi TikTok Shop di Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang berusia 17 tahun ke atas, konsumen yang berdomisili di Kota Mataram, dan memiliki aplikasi TikTok,  dengan sampel penelitian sebanyak 100 responden. Pengampilan sampel dilakukan menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Alat analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t hitung sebesar 2,143 >1,988 dan nilai signifikansi sebesar 0,028<0,05 dan Online Customer Rating berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t hitung sebesar 5,891>1,988 dan nilai signifikansi sebesar 0,00<0,05. ABSTRACT             This study aims to determine the effect of Online Customer Reviews and Online Customer Ratings on Consumer Purchase Decisions in the TikTok Shop Application in Mataram City. The type of research used in this research is quantitative research. The population in this study are respondents aged 17 years and over, consumers who live in the city of Mataram, and have the TikTok application, with a research sample of 100 respondents. Sampling was carried out using non-probability sampling with a purposive sampling method, namely determining the sample with certain considerations. The data analysis tool used is Multiple Linear Regression using SPSS version 26. The results of data analysis show that Online Customer Reviews have a positive and significant effect on Purchase Decisions with a t-value of 2.143 > 1.988 and a significance value of 0.028 <0.05 and Online Customer Ratings affect Purchase Decisions with a calculated t value of 5.891> 1.988 and a significance value of 0.00 <0.05.
Published
2023-09-01