PENGARUH SELEBGRAM ENDORSEMENT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA UNTUK MELAKUKAN PEMBELIAN PRODUK EMINA DI KOTA MATARAM

  • dwi putra buana sakti FEB UNRAM
  • lalu edy herman mulyono FEB UNRAM
  • Dwinda Suci Brigita FEB UNRAM
Keywords: Selebgram Endorsement, Perilaku Konsumtif Remaja, Keputusan Pembelian, Celebrity Endorsement, adolescent consumptive behavior, purchasing decisions

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Selebgram Endorsement terhadap Perilaku Konsumtif Remaja untuk melakukan pembelian produk Emina di Kota Mataram. Jenis penelitian yang dipakai ialah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah metode survey dengan memakai data primer yang dihimpun langsung dari responden menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 60 orang.  Hasil analisis menunjukkan bahwa Selebgram Endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, Selebgram Endrosement berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan Perilaku Konsumtif tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil pembahasan yang penulis paparkan pada BAB IV  dapat ditarik kesimpulan bahwa kekuatan yang dimiliki Selebgram Endorsement mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli produk Emina. Sehingga, diharapkan perusahaan mampu mempertahankan merek Emina dengan cara memberikan penghargaan dan diskon kepada member dari produk Emina.   ABSTRACT This study aims to determine the effect of Celebrity Endorsement on the Consumptive Behavior of Adolescents to purchase Emina products in Mataram City. The type of research used is causal associative research with a quantitative approach. The data collection method used is a survey method using primary data collected directly from respondents using a questionnaire with a sample of 60 people. The results of the analysis show that Celebrity Endorsement has a positive and significant effect on consumptive behavior, Celebrity Endorsement has a positive and significant effect on purchasing decisions and Consumptive Behavior has no positive and significant effect on purchasing decisions. From the results of the discussion that the author described in CHAPTER IV it can be concluded that the power possessed by Selebgram Endorsement is able to influence consumers to buy Emina products. Thus, it is hoped that the company will be able to maintain the Emina brand by giving awards and discounts to members of Emina products.
Published
2023-06-07