JRK VOL.1 NO.3 PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PEER INFLUENCE, DAN SELF CONTROL TERHADAP SAVING BEHAVIOR PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA MATARAM
PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PEER INFLUENCE, DAN SELF CONTROL TERHADAP SAVING BEHAVIOR PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA MATARAM
Keywords:
financial literacy; peer influence; self control; dan saving behavior., financial literacy; peer influence; self control; and saving behavior.Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh financial literacy, peer
influence, dan self control terhadap saving behavior generasi milenial yang tinggal di Kota
Mataram. Penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif merupakan jenis penelitian yang
digunakan untuk penelitian ini. Generasi Milenial kota Mataram menjadi objek dalam penelitian ini.
Adapun Jumlah populasi orang yang termasuk dalam penelitian ini adalah 108.268 orang. Metode
non-probability sampling dengan teknik purposive sampling digunakan untuk memilih sampel
sebanyak 100 responden dalam penelitian ini. Kuesioner dengan perhitungan skala Likert
merupakan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur
variabel. Faktor-faktor yang akan diteliti dalam penelitian ini meliputi financial literacy (X1), peer
influence (X2), self control (X3), dan saving behavior (Y). Untuk analisis data, pendekatan SEMPLS digunakan bersama dengan pengukuran outer dan inner model pada perangkat lunak SmartPLS
V.3.0. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel financial literacy dan self control tidak
berpengaruh signifikan terhadap perilaku saving behavior pada generasi milenial yang tinggal di
kota Mataram. Namun pada variable peer influence terdapat pengaruh yang signifikan terhadap
saving behavior generasi milenial di kota Mataram.
ABSTRACT
The purpose of this research is to find out how financial literacy, peer influence, and self control
influence the saving behavior of the millennial generation who live in Mataram City. Associative
research with a quantitative approach is the type of research used for this research. The Millennial
Generation of the city of Mataram is the object of this research. The total population of people
included in this study was 108,268 people. Non-probability sampling method with purposive sampling
technique was used to select a sample of 100 respondents in this study. The questionnaire with a
Likert scale calculation is a data collection instrument used in this study to measure variables. The
factors that will be examined in this study include financial literacy (X1), peer influence (X2), self
control (X3), and saving behavior (Y). For data analysis, the SEM-PLS approach was used together
with outer and inner model measurements in the SmartPLS V.3.0 software. The research findings
show that the financial literacy and self-control variables do not have a significant effect on the
saving behavior of the millennial generation who live in the city of Mataram. However, in the peer
influence variable, there is a significant influence on the saving behavior of the millennial generation
in the city of Mataram.
