JRK VOL.1 NO.3 PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PEER INFLUENCE, DAN SELF CONTROL TERHADAP SAVING BEHAVIOR PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA MATARAM

PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PEER INFLUENCE, DAN SELF CONTROL TERHADAP SAVING BEHAVIOR PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA MATARAM

  • ni wayan anindita junindra FEB UNRAM
  • burhanudin FEB UNRAM
  • iwan kusmayadi FEB UNRAM
Keywords: financial literacy; peer influence; self control; dan saving behavior., financial literacy; peer influence; self control; and saving behavior.

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh financial literacy, peerinfluence, dan self control terhadap saving behavior generasi milenial yang tinggal di Kota Mataram. Penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif merupakan jenis penelitian yang digunakan untuk penelitian ini. Generasi Milenial kota Mataram menjadi objek dalam penelitian ini.Adapun Jumlah populasi orang yang termasuk dalam penelitian ini adalah 108.268 orang. Metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling digunakan untuk memilih sampel sebanyak 100 responden dalam penelitian ini. Kuesioner dengan perhitungan skala Likertmerupakan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur variabel. Faktor-faktor yang akan diteliti dalam penelitian ini meliputi financial literacy (X1), peer influence (X2), self control (X3), dan saving behavior (Y). Untuk analisis data, pendekatan SEMPLS digunakan bersama dengan pengukuran outer dan inner model pada perangkat lunak SmartPLS V.3.0. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel financial literacy dan self control tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku saving behavior pada generasi milenial yang tinggal di kota Mataram. Namun pada variable peer influence terdapat pengaruh yang signifikan terhadap saving behavior generasi milenial di kota Mataram. ABSTRACTThe purpose of this research is to find out how financial literacy, peer influence, and self control influence the saving behavior of the millennial generation who live in Mataram City. Associative research with a quantitative approach is the type of research used for this research. The Millennial Generation of the city of Mataram is the object of this research. The total population of people included in this study was 108,268 people. Non-probability sampling method with purposive sampling technique was used to select a sample of 100 respondents in this study. The questionnaire with a Likert scale calculation is a data collection instrument used in this study to measure variables. The factors that will be examined in this study include financial literacy (X1), peer influence (X2), self control (X3), and saving behavior (Y). For data analysis, the SEM-PLS approach was used together with outer and inner model measurements in the SmartPLS V.3.0 software. The research findings show that the financial literacy and self-control variables do not have a significant effect on the saving behavior of the millennial generation who live in the city of Mataram. However, in the peer influence variable, there is a significant influence on the saving behavior of the millennial generation in the city of Mataram.
Published
2023-09-08