PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM ANGKATAN 2019)

PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM ANGKATAN 2019)

  • Ardhia Agustina Putri FEB UNRAM
  • Burhanuddin FEB UNRAM
  • Laila Wardani
Keywords: Literasi Digital, Literasi Keuangan, dan Perilaku Keuangan, Digital Literacy, Financial Literacy, and Financial Behavior

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Digital (X1) dan Literaso Keuangan (X2) Terhadap Perilaku Keuangan  (Y) (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram Angkatan 2019). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal. Teknis analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS versi 26. Dalam penelitian ini menggunakan teknik penentuan sampel dengan proportional random sampling, sehingga responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram Angkatan 2019 yang berjumlah 184 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1. Literasi Digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Keuangan pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram Angkatan 2019. 2. Literasi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Keuangan pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram Angkatan 2019.     ABSTRACT   This research aims to understand the Effect of Digital Literacy (X1) and Financial Literacy (X2) toward the Financial Behavior (Y) (The Case Study of Management Students at the Faculty of Economics and Business, University of Mataram, Class of 2019). The type of research used is causal associative research. Multiple Linear Regression Technique using SPSS version 26 was used in this research. To get the best results, a sampling technique was used, using the proportional random sampling. The respondents in this research were 184 active students of the Management Department, Faculty of Economics and Business, University of Mataram, Class of 2019. The results of the analysis show that: 1. Digital Literacy has a positive and significant effect on the financial behavior of the Management Department students, Faculty of Economics and Business, University of Mataram, Class of 2019. 2. Financial Literacy has a positive and significant effect on the student's financial behavior in the Management Department, Faculty of Economics and Business, University of Mataram Class of 2019.  
Published
2023-06-19