JPSDM VOL.3.NO.1 MARET 2024 PENGARUH STRES KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN SAME HOTEL

  • Moehammad Anggian Ibnu Abdi Wangsa FEB Unram
  • Siti Nurmayanti FEB Unram
  • Djoko Suprayetno FEB Unram
Keywords: Stress Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan, Job stress, Job Satisfactin, employee Performance.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Stress Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kualitatif yang di transformasikan ke bentuk kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan SAME HOTEL Mataram. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 58 orang dengan menggunakan metode sensus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan menyebarkan kuesioner yang berisi pertanyaan tentang Kinerja karyawan, stress kerja dan kepuasan kerja. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS 26 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa; (1) stress kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja , (2) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. This study aims to determine the effect of Job Stress and Job Satisfaction on employee performance. The type of research used isassociative research with a qualitative approach which is transformedinto a quantitative form. The population in this study were all employees of SAME HOTEL Mataram. The number of samples used in this study were 58 people using the census method. Data collection techniques used are interviews, documentation and distributing questionnaires containing questions about employee performance, job stress and job satisfaction. The analytical tool used is Multiple Linear Regression Analysis using SPSS 26 for Windows program. The results of data analysis show that; (1) job stress has a positive and significant effect on performance, (2) job satisfaction has a positive and significant effect on performance.
Published
2024-03-04