PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN HOTEL KING’S GARDEN KOTA BIMA

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN HOTEL KING’S GARDEN KOTA BIMA

  • Mariana FEB Unram
  • Sulaimiah FEB Unram
  • Embun Suryani FEB Unram
Keywords: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Turnover Intention, Job Satisfaction, Organizational Commitment, Turnover Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap turnover intention pada Hotel King’s Garden Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah metode asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu melalui metode sensus dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan langsung dari responden melalui kuisioner. Jumlah responden sebanyak 40 orang. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda  (SPSS versi 22), Uji t, Uji F dan Uji Koefisisen Determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Untuk menurunkan tingkat turnover intention yang cukup tinggi pada Hotel King’s Garden Kota Bima, yaitu dengan cara memberikan tingkat kepuasan kerja yang sesuai dengan pekerjaan dan gaji karyawan serta meningkatkan komitmen organisasi karyawan. Kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention pada Hotel King’s Garden, yang artinya semakin rendah tingkat kepuasan kerja yang dirasakan karyawan maka akan menyebabkan keinginan karyawan untuk meninggalkan Hotel King’s Garden semakin tinggi. Komitmen organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention pada Hotel King’s Garden, yang artinya semakin rendah komitmen organisasi karyawan maka akan menyebabkan keinginan karyawan untuk meninggalkan Hotel King’s Garden semakin tinggi. This study aims to analyze the effect of job satisfaction and organizational commitment on turnover intention at Hotel King’s Garden Bima City. This type of research is causal associative method with a quantitative approach. The method of data collection is through a census method using primary data collected directly from respondents through questionnaires. The number of respondents as many as 40 people. The analytical tool used is multiple linear regression (SPSS version 22), t Test, F Test and Determination Coefficient Test (R2).  The results of this study indicate that job satisfaction and organizational commitment partially have a negative and significant effect on turnover intention. To reduce the level of turnover intention which is quite high at Hotel King’s Garden Bima City, namely by providing a level of job satisfaction that is in accordance with the work and salaries of employees and increasing employee organizational commitment. Job satisfaction has a negative and significant effect on turnover intention on the King's Garden Hotel, which means that the lower the level of work loss felt by employees, the higher the employee's desire to leave the King's Garden Hotel. Turnover intention at the King's Garden Hotel, which means that the lower the employee's organizational commitment, the higher the employee's desire to leave the King's Garden Hotel.
Published
2023-09-05