PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

  • dian febriani FEB Unram
  • sarifudin serif FEB Unram
  • djoko suprayetno FEB Unram
Keywords: Kompetensi Guru, Sarana Prasarana, Kinerja Guru, Teacher Competency, Infrastructure, Teacher Performance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi dan arah pengaruh kompetensi guru dan sarana prasarana terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Janapria. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri 1 Janapria yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan menyebarkan kuesioner yang berisi pernyataan tentang kompetensi guru, sarana prasarana dan kinerja guru. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS 17 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa; (1) kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (2) sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. This study aims to find out the significance and direction of the influence of teacher competency and infrastructure on the performance of teachers of SMA Negeri 1 Janapria. The type of research used is causal associative research with quantitative approaches. The population in this study was 50 teachers of Public High School 1 Janapria. The data collection techniques used are documentation and dissemination of questionnaires containing statements about teacher competence, infrastructure and teacher performance. The analysis tool used is Multiple Linear Regression Analysis using the SPSS 17 for Windows program. Data analysis results show that; (1) teacher competency has a positive and significant effect on teacher performance, (2) infrastructure has a positive and significant effect on teacher performance.
Published
2023-09-05