Marketing Analysis of Sangkuriang Catfish in Pokdakan Sindu Lestari, Bantuas Village, Palaran District, Samarinda City
DOI:
https://doi.org/10.29303/mediaakuakultur.v4i1.3893Kata Kunci:
Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, dan, Pokdakan Sindu LestariAbstrak
Agung Faisal Abdillah, 2022. Analisis Pemasaran Ikan Lele Sangkuriang di Pokdakan Sindu Lestari Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda. (Dibimbing oleh M. Syafril dan Wahyu Fahrizal)
Tujuan penelitian ini Mengetahui pola saluran pemasaran usaha pembesaran ikan lele sangkuriang serta fungsi pemasaran yang dilakukan pada setiap lembaga pemasaran di Pokdakan Sindu Lestari dan Menganalisis kinerja pemasaran ikan lele sangkuriang yang meliputi margin, keuntungan dan farmer’s share. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode studi kasus. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu bahwa saluran pemasaran pokdakan sindu lestari terdiri dari 2 saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran tingkat nol, saluran pemasaran tingkat satu Margin pemasaran pada produsen ke pedagang pengecer sebesar Rp. 6.000, Keuntungan seluruh saluran pemasaran sebesar Rp. 4.266,49 Kg. dalam sekali proses pemasaran. Dan margin saluran pemasaran tingkat satu menghasilkan farmer’s share sebesar 76%.