Main Article Content

Azizah Mahary
Hirobil

Abstract

Pembenihan merupakan suatu kegiatan dalam budidaya ikan yang dalam pengembangannya sering mengalami berbagai kendala, diantaranya ialah tingginya kematian larva. Hal ini disebabkan karena larva yang memiliki bukaan mulut yang sangat kecil sehingga sulit mengkonsumsi pakan yang sesuai. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menyediakan pakan yang sesuai dengan bukaan mulut larva. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung cangkang rajungan yang terfermentasi terhadap pertumbuhan populasi Daphnia sp. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan April 2020 yang di km.4 Nagori Wonorejo Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan enam perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah A = Frekuensi pemberian 1 kali/hari pada pukul 07.00 WIB. B = Frekuensi pemberian 2 kali/hari pada pukul 07.00 dan 17.00 WIB. C = Frekuensi pemberian 3 kali/hari pada pukul 07.00, 12.00 dan 17.00 WIB. D = Frekuensi pemberian 1 kali/2 hari pada pukul 07.00WIB. E = Frekuensi pemberian 2 kali/2hari pada pukul 07.00 dan 17.00 WIB. F = Frekuensi pemberian 3 kali/2 hari pada pukul 07.00, 12.00 dan 17.00 WIB. Parameter pengamatan meliputi pertumbuhan populasi Daphnia sp, kepadatan populasi Daphnia sp, dan laju pertumbuhan Daphnia sp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuansi pemberian tepung cangkang rajungan hasil fermentasi berpengaruh terhadap populasi Daphnia sp pada umur 6 HST – 14 HST, kepadatan populasi Daphnia sp., Frekuensi pemberian tepung cangkang rajungan hasil fermentasi optimal terhadap pertumbuhan populasi Daphnia sp. adalah pemberian 3 kali/hari pada pukul 07.00 WIB, 12.00 WIB dan 17.00 WIB.

Article Details

How to Cite
Mahary, A., & Hirobil. (2021). FREKUENSI PEMBERIAN LARUTAN TEPUNG CANGKANG RAJUNGAN TERFERMENTASI MENGGUNAKAN RAGI ROTI TERHADAP PERTUMBUHAN POPULASI Daphnia sp . Indonesian Journal Of Aquaculture Medium, 1(2), 69-82. https://doi.org/10.29303/mediaakuakultur.v1i2.354
References
Ansaka D. 2002. Pemanfaatan Ampas Sagu Metroxylon Sagu Rottb dan Enceng Gondok Eichhornia crassipes dalam Kultur Daphnia sp. Skripsi (Tidak dipublikasikan). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor,Bogor.
Darmawan J. 2014. Pertumbuhan populasi Daphnia sp. pada media budidaya dengan penambahan air buang budidaya ikan lele dumbo (Clarias gariepinus Burchell,1822). Berita Biologi 13(1).
Gunawanti RC. 2000. Pengaruh Konsentrasi Kotoran Puyuh yang Berbeda terhadap Pertumbuhan Populasi dan Biomassa Daphnia sp., Skripsi (Tidak dipublikasikan).Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.
Kusumaryanto, H. 1988. Pengaruh Jumlah Inokulasi Awal terhadap Pertumbuhan Popualasi ,Biomassa, dan Pembentukan Epipium Daphnia sp. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. IPB. Bogor. 65 Halaman.
Meilisa RD. 2015 Pertumbuhan Populasi Daphnia sp. Yang diberi Sari Dedak Terfermentasi Menggunakan Ragi Tape. Skripsi. Fakultas Pertanian. Unsri. Indralaya. 41 halaman.
Mubarak AS, Tias DTR dan Sulmartiwi L. 2009. Pemberian dolomit pada kultur Daphnia spp. Sistem daily feeding pada populasi Daphnia spp. dan kestabilan kualitas air. Jurnal
Prastya, W., I. Dewiyanti,dan T. Ridwan. 2016. Pengaruh Pemberian Dosis Hasil Fermentasi Tepung Biji Kedelai dengan Ragi terhadap Pertumbuhan Populasi
Sanyoto PMH. 2000. Konsentrasi Kotoran Kuda Optimum terhadap Pertumbuhan dan Puncak Populasi Daphnia sp.. Skripsi (Tidak dipublikasikan). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor, Bogor
Sitohang RV, Herawati T dan Lili W.2012. Pengaruh pemberian dedak padi hasil fermentasi ragi (Saccharomyces cerevisiae) terhadap pertumbuhan biomassa Daphnia sp.. Jurnal Perikanan dan Kelautan. 3(1):65-72.
Sulasingkin D. 2003. Pengaruh Konsentrasi Ragi yang Berbeda terhadap Pertumbuhan PopulasiDaphnia sp., Skripsi (Tidak dipublikasikan). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Suryaningsih, H. 2006. Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Rendaman Dedak Terhadap Populasi Daphnia sp. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Kelautan.Universitas Airlangga. Surabaya. (tidak diterbitkan).