Gambaran Preferensi Mahasiswa Tahap Preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Terhadap Berbagai Metode Pengajaran
DOI:
https://doi.org/10.29303/jk.v11i4.4758Keywords:
Mahasiswa Preklinik, Metode pengajaran, PreferensiAbstract
Latar belakang: Literatur terbaru telah membandingkan kegunaan metode pengajaran yang spesifik dengan metode lecture. Mahasiswa milenial cenderung lebih memilih pembelajaran yang berorientasi pada tim, serta menyarankan preferensi pendekatan pembelajaran kolaboratif dan berbasis teknologi, namun menurut beberapa literatur, mahasiswa kedokteran lebih menyukai metode lecture yang merupakan metode pengajaran yang pasif.Tujuan: mengetahui gambaran preferensi mahasiswa tahap preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung terhadap berbagai metode pengajaran.Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey, metode pengambilan sampel yaitu dengan total sampling. Variabel pada penelitian ini adalah preferensi mahasiswa tahap preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung terhadap berbagai metode pengajaran. Data diambil langsung menggunakan angket pada mahasiswa angkatan aktif tahun 2016 dan 2017. Data dimasukkan ke Microsoft Excel lalu dikonversi ke dalam bentuk tabel dan dihitung mean-nya dari tiap variabel.Hasil: Dari hasil penelitian didapatkan mean tertinggi yaitu 4.134 untuk metode CSL, yang kedua yaitu kuliah dengan mean 3.717, setelah itu terdapat PAL dengan mean 3.481, PBL dengan mean 3.334, praktikum dengan mean 3.286, CBL dengan mean 3.218, TBL dengan mean 3.184, dan yang terakhir pleno dengan mean 2.673. Simpulan: Preferensi mahasiswa terhadap metode pengajaran dari mean yang tertinggi yaitu CSL, kuliah, PAL, PBL, praktikum, CBL, TBL, dan pleno.Downloads
Published
2022-12-30
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Unram Medical Journal, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, websites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in University of Mataram's Journal of Medicine.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author.