Revisi dan Implementasi Panduan Rotasi Klinik (Logbook)-Studi Kasus dalam Pendidikan Klinikdi FK Universitas Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/jk.v8i3.4554Keywords:
panduan rotasi klinik, logbook, pendidikan klinikAbstract
Latar belakang:Panduan rotasi klinik(logbook) dalam pendidikan klinik sangat penting untuk memberikan struktur dan fokus kegiatan belajar mengajar baik bagi mahasiswa maupun dosen klinik.Implementasi pendidikan klinik sendiri banyak menghadapi tantangan, namun demikian permasa-lahan dan tantangan pada masing-masing fakultas kedokteran berbeda-beda. Fakultas KedokteranUNRAM (FK UNRAM) yang baru berusia 13 tahun ini tentu memiliki tantangan tersendiri. Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dan tantangan yang dihadapi selama proses revisi dan implementasi panduan.Metode:Studi kasus dilaksanakan dengan pencatatan selama proses revisi dan implementasi kurikulum. Analisis dilakukan dengan melakukan refleksi terhadap proses revisi yang berjalan.Hasil:Sebelum proses revisi, 10 dari 13 bagian klinik telah memiliki panduan. Namun permasalahan utama yang dihadapi adalah belum adanya keseragaman persepsi tentang panduan rotasi klinik dan isinya. Proses revisi diawali dengan sosialisasi untuk membangun komitmen bersama. Jajaranpimpinan FK UNRAM berkontribusi penting dalam menggalang komitmen serta memberikan dukungan terhadap proses revisi yang dipimpin olehMedical Education Unit (MEU). Melalui konsolidasi internal MEU mengembangkan format panduan yang akan digunakan. MEU memberi pendampingan kepadabagian klinik hingga rancangan panduan baru disepakati kemudian disahkan. Sebelum implemen-tasi, sosialisasi terhadap dosen klinik maupun mahasiswa dilakukan untuk memastikan kelancaran implementasi. Bagian juga difasilitasi oleh MEU untuk mendapatkan pelatihan bagi pembimbing klinik.Kesimpulan:Revisi panduan rotasi klinik pada dasarnya adalah mengubah sistem dan kurikulum pendidikan klinik. Resistensi pembimbing klinik, ketidakseragaman persepsi mengenai panduan,metode pembelajaran dan penilaian yang digunakan merupakan tantangan yang dihadapi. Komitmen bersama bagian klinik, keterlibatan dan dukungan jajaran pimpinan, pelibatan aktif klinisi dalam pengambilan keputusan, serta sosialisasi panduan kepada seluruh pihak yang akan terlibat mendukungkeberhasilan proses ini.Downloads
Published
2019-09-30
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Unram Medical Journal, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, websites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in University of Mataram's Journal of Medicine.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author.