Sosialisasi E-Panduan Praktikum Berbasis Etnokimia Sasambo Pada Guru Kimia SMA di Lombok Timur

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29303/rs2pmy49

Kata Kunci:

E-Panduan, Etnokimia Sasambo, Praktikum Kimia, Kimia

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru kimia SMA di Lombok Timur dalam mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal suku Sasambo (Sasak, Samawa, dan Mbojo) ke dalam praktikum kimia. Panduan praktikum memanfaatkan teknologi digital sehingga disajikan dalam E-Panduan. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan pengetahuan dan kompetensi guru dalam merancang praktikum berbasis budaya lokal dan minimnya panduan praktikum yang menggunakan kearifan lokal sebagai konteks pembelajaran. Adapun tahapan dalam pengabdian ini yaitu, tahapan persiapan (observasi, koordinasi dengan Tim MGMP Kimia Lombok Timur, penyusunan instrumen); tahapan pelaksanaan (sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan penyusunan e-panduan praktikum); tahapan evaluasi (pretest dan postest). Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada empat aspek utama, yaitu pengetahuan guru mengenai etnokimia Sasambo, pengalaman penerapan etnokimia sasambo, penguasaan teknologi e-panduan praktikum berbasis etnokimia, serta sikap dan minat dalam mengembangkan e-panduan praktikum kimia terintegrasi etnokimia sasambo.

Diterbitkan

31-10-2025

Cara Mengutip

Sosialisasi E-Panduan Praktikum Berbasis Etnokimia Sasambo Pada Guru Kimia SMA di Lombok Timur. (2025). Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 4(2b). https://doi.org/10.29303/rs2pmy49