Pengenalan Algoritma Dengan Menggunakan Permainan Squaring the Square di SMA 1 Batukliang Utara Lombok Tengah

Penulis

  • Ayes Malona Siboro Universitas Mataram image/svg+xml
  • Fathul Maulina Wahidah Universitas Mataram image/svg+xml
  • Lalu Riski Wirendra Putra Universitas Mataram image/svg+xml
  • Sahin Two Lestari Universitas Mataram image/svg+xml
  • Syaftirridho Putri Universitas Mataram image/svg+xml
  • Rendi Bahtiar Pratama Universitas Mataram image/svg+xml
  • I Gede Adhitya Wisnu Wardhana {"en_US":"Universitas Mataram"}
  • Ida Haryati , Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batukliang Utara

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpimi.v3i2.5326

Kata Kunci:

Algoritma, Metode Squaring the square, pemahaman geometri, teori konstruktivisme

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan metode Squaring Square dalam meningkatkan pemahaman algoritma, geometri dan perubahan sikap siswa terhadap matematika di SMA Negeri 1 Batukliang Utara, Lombok Tengah. Metode ini melibatkan aktivitas praktis di mana siswa menyusun sejumlah persegi kecil menjadi satu bentuk persegi besar, yang dirancang untuk mengasah keterampilan spasial dan kemampuan memecahkan masalah. Analisis data dari pre-test dan post-test menunjukkan bahwa penerapan metode ini secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep geometri dan memperbaiki sikap mereka terhadap pelajaran matematika. Temuan ini sejalan dengan teori konstruktivisme yang menekankan pentingnya pembelajaran berbasis pengalaman dan visualisasi dalam meningkatkan pemahaman konsep yang mendalam, serta menawarkan wawasan berharga untuk praktik pengajaran matematika di sekolah

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pengenalan Algoritma Dengan Menggunakan Permainan Squaring the Square di SMA 1 Batukliang Utara Lombok Tengah. (2024). Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 3(2), 68-73. https://doi.org/10.29303/jpimi.v3i2.5326