Penggunaan Metode Bermain Sambil Belajar dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Berhitung pada Anak SD di Desa Limbang Jaya II

Authors

Dhea Fitri Rahmayani , Sawi Sujarwo

DOI:

10.29303/jpimi.v4i2.6206

Published:

2025-08-31

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Agustus

Keywords:

bermain sambil belajar, membaca, berhitung, desa Limbang jaya II

Articles

How to Cite

Rahmayani, D. F., & Sujarwo, S. (2025). Penggunaan Metode Bermain Sambil Belajar dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Berhitung pada Anak SD di Desa Limbang Jaya II. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 4(2), 167–172. https://doi.org/10.29303/jpimi.v4i2.6206

Abstract

Pendidikan dasar memegang peranan penting dalam membentuk fondasi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak. Pada jenjang sekolah dasar, keterampilan membaca dan berhitung merupakan kemampuan mendasar yang menjadi prasyarat bagi penguasaan berbagai disiplin ilmu di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Metode yang digunakan yaitu bermain sambil belajar dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil pengabdian masyarakat mendapatkan bahwasannya metode bermain sambil belajar terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca dan berhitung pada anak-anak sekolah dasar. Peningkatan keterampilan membaca ditunjukkan melalui kemampuan anak-anak membaca dengan lancar, memahami teks sederhana, dan meningkatkan kepercayaan diri dalam membaca. Sementara itu, peningkatan keterampilan berhitung terlihat dari kemampuan anak-anak memahami konsep angka, operasi matematika sederhana, serta penyelesaian soal dengan pendekatan yang kreatif. Selain itu, metode ini juga berhasil meningkatkan motivasi belajar anak-anak, yang terlihat dari antusiasme dan partisipasi aktif mereka selama program berlangsung.

Author Biographies

Dhea Fitri Rahmayani, Universitas Bina Darma

Sawi Sujarwo, Universitas Bina Darma

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.