PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN DAGING AYAM BROILER DI PASAR TRADISIONAL KOTA MATARAM

  • Asrul Wahyudi Universitas Mataram
  • Hermansyah Universitas Mataram
Keywords: Prilaku Konsumen, Daging Broiler, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian daging ayam broiler di pasar tradisional Kota Mataram. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai dari bulan Agustus hingga Oktober 2023 dengan metode survey. Jumlah responden sebagai sampel adalah 60 orang yang ditetapkan secara accidental sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku konsumen dalam pembelian daging ayam broiler di pasar tradisional Kota Mataram dipengaruhi berturut – turut oleh faktor sosial dengan nilai koefisien 1,260, faktor pribadi dengan nilai koefisien 0,415, faktor psikologis dengan nilai koefisien 0,303 dan dipengaruhi secara negatif oleh faktor kebudayaan dengan nilai koefisien 0,200. Hasil analisis regresi diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,950 atau sebesar 95%. Hal ini berarti bahwa 95% keputusan pembelian daging ayam broiler di Pasar tradisional Kota Mataram dipengaruhi oleh faktor sosial, pribadi, psikologis dan berpengaruh negatif kebudayaan. Sisanya 5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi.
Published
2024-06-30
Section
Articles