Pelatihan Teachy AI untuk Peningkatan Kompetensi Guru SMA se-Provinsi Lampung
Training Program on Utilizing Teachy AI to Elevate the Skills of High School Teachers in Lampung Province
DOI:
https://doi.org/10.29303/7bqcc998Keywords:
Artificial Intelligence, Deep Learning, Guru SMA, Literasi Digital, Teachy AIAbstract
Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk memiliki literasi digital dan kemampuan merancang pembelajaran inovatif. Namun, kondisi di provinsi Lampung menunjukkan bahwa sebagian besar guru SMA belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam pemanfaatan AI, khususnya dalam perancangan pembelajaran berbasis Pembelajaran Mendalam (Deep Learning). Minimnya pelatihan dan keterbatasan infrastruktur di beberapa wilayah semakin memperlebar kesenjangan pemanfaatan teknologi antara guru dan peserta. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru matapelajaran Sosiologi yang tergabung dalam MGMP Sosiologi di provinsi Lampung melalui pelatihan penggunaan aplikasi Teachy AI dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang adaptif dan kontekstual. Metode pelatihan dilakukan secara tatap muka dan praktik langsung, yang meliputi pengenalan AI, penggunaan Teachy AI, serta penyusunan RPP berbasis AI. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan tingkat kompetensi guru sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada literasi digital, keterampilan pedagogis, dan kemampuan integrasi AI ke dalam pembelajaran. Luaran kegiatan berupa RPP inovatif berbasis Deep Learning, publikasi ilmiah, dan diseminasi media. Kegiatan ini diharapkan menjadi model peningkatan




